Sunday 24 April 2011

Investasi waktu

Investasi Waktu
( copas dari mba meuthia )

Tahun 2006 ketika saya sedang bersemangat2nya
menjadikan downline saya - sebutlah si Anu - untuk menjadi kaki ke 5 saya...
tiba2 ketika dia di posisi level 15% dengan bonus 1.6 juta,
dia berkata dengan sangat meyankinkan:
"mba, aku mau quit, Oriflame tidak layak saya jalani.
Uang habis buat telepon, sms, datang ke kelas sabtu, beli tiket BOP, bensin,
belom makannya di tengah jalan kelaperan. Bonus cuma seiprit ga nyampe 2 juta.
Kata suamiku mending di rumah ngurus anak, uang jajan mah segitu juga pasti dapat"

Gubraaaaak..

Padahaaaal, di tahun 2006 itu penghasilanku sudah sekitar 17 - 20 juta perbulan,
tapi rupanya tidak membuat dia termotivasi, terinspirasi dan yang paling fatal,
dia tidak percaya bossfamily bisa membawa dia ke posisi itu.
dia bilang : ya itukan mba thia. Saya nggak mau deh. Sayang waktu saya terbuang percuma
cuma dapatnya segitu. Kalau saya mau dapat penghasilan kaya mba thia, berapa banyak lagi yang
harus saya korbankan? no way..

Glek. Apa iya sih seorang meuthia ga mencoba menahan dan memotivasi?

Tapi itulah, kalau sudah tidak percaya, bisnis ini tidak bisa akan berjalan. So I let her go.
si ANU benar2 berhenti ti ti ti! Semua downline2nya di lepas, di suruh menghubungi aku langsung.

Bisnis ini memang duplikasi yaaa..
pelan2 itu semua downline2nya berfikirnya samaaaaa bangetttt seperti uplinenya itu.
Katanya bisnis ini tidak menguntungkan. Banyakan capek hatinya.

Buat seorang saya nihhh...sedih itu ada batasnya. Cukup sehari.
Itu juga ngadunya Sama yang Maha Kuasa. Nggak sama upline.

Ngadunya gini nih dalam doa saya:
"ya Tuhan, saya bersedia investasi waktu, energi dan uang untuk menjadikan bisnis ini besar..
carikan saya orang2 yang satu visi dan satu frekwensi buat menjadi tim saya. Yang tidak mau, biarkan mereka pergi
dan saya iklas seiklas2nya. Engkau yang Melihat bagaimana saya sudah investasi waktu buat orang ini, gantikan saya yang lebih baik dan setia terhadap bisnis ini"

Lega. Ngapain sedih panjang2. Kaya ga punya Tuhan aja! Kaya ga percaya potensi diri aja. Betul ga? :)

si ANU menghilang. Benar2 tidak tutup point. Level dari 15 turun perlahan2 ke 12, 9, 6 sampai noooolll.

Dan, waktu ternyata cepat berlalu ya.
Berhubung rekrutan saya banyak, sampai nggak sadar kalau nomernya si ANU ini udah jadi bintang di activity report
alias terminated. Tahun 2007 Alhamdulillah saya tetap jadi Diamond walaupun melenceng setahun.
Tapi tetep enak kok, percaya deh! :)

Tahun 2008 saya bertemu si ANU ketika sedang di parkiran sebuah MaLL.
Persis saya sedang keluar dari CRV yang baru berumur 5 bulan. Lalu dia bilang:
"segitu cintanya sama Oriflame mba, sampai CRVnya di stikerin Oriflame? "

heheheh...dia nggak tau kalau Oriflame juga mencintai dakuuu :P
ceritanya sampai disitu aja yaaaa...
intinya nih...akhirnya dia tau kalau saya sudah diperingkat Diamond,
dapat hadiah mobil, penghasilan saat itu 30juta rupiah dan
ketika bertemu si ANU jam 8 pagi itu saya sedang menuju celebrity fitness *bukan menuju kantor yah..hahah*

Dannn...yang miris, si Anu masih dengan honda bebeknya.
Kalau dia sabar dan semangat jalani terus bisnis ini dari tahun 2006,
apa iya sih di tahun 2008 dia tidak ada peningkatan hidup dari investasi waktunya di bisnis ini?

Ternyata seperti yang dibuku2 bilang :
bahwa bisnis dengan investasi waktu itu bisa membuat Anda
menjadi orang yang punya penghasilan 'MENGGILA'
Anda harus percaya itu!

Investasi waktu lebih bicara tentang "HARGA YANG MAU ANDA BAYAR"
Tiket BOP, itu investasi.
datang ke kelas, itu investasi.
baca milis, itu investasi waktu juga kaan ?
apa nggak nambah semangat baca milis? yang ga semangat sekali lagi silakan unsubs yah..heheh
beli katalog, sms temen2, telepon, ngadain pertemuan, semua waktu dan biaya yang dikeluarkan adalah investasi.

Percayalah pada emakmu ini yaaaa : yang namanya investasi itu hasilnya baru keliatan kalau jangka panjang.
Tapi sepanjang2nya waktu di bisnis ini, jauh lebih cepat menghasilkan dari pada orang ngantoran..
hehehehe ayo yang ngantoran ngakkuuuuuuuuuuuu..
Gaji udah naik berapa kali nih?
bandingin sama bonus Oriflame yang bisa naik setiap bulan.
Yang ga naik2 ya salah sendiri, siapa suruh kurang maksimal :D

Tuhh tau nggak bonusnya ilna berapa bulan lalu ? nyaris 20juta!!
Padahal gabung baru satu tahun 4 bulan.
Tau nggak bonusnya Jeung sotya berapa tuh? 27 juta!! gabung dari 2006.
bonus ku mau tau berapa sekarang? hehehhe..datang ke BOP yaa tanggal 10. Nanti saya intipin deh..

Awali April ini dengan niat dan target merekrut 20 orang dalam bulan. Semangatttt!

No comments:

Post a Comment